8 Peluang Usaha Rumahan Berbasis Online dan Offline

0
8
8 Usaha Rumahan Berbasis Online dan Offline Yang Bisa Anda Lakukan
Sumber: jojonomic.com
Advertisement

Setiap orang yang ingin memulai usaha tentu ingin semuanya menjadi lancar. Maka dari itu, perlu dilakukan beberapa pengamatan sebelum membentuk usaha. Ada beberapa jenis peluang usaha rumahan yang bisa Anda terapkan di tahun 2020 ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Jajanan ringan 

Jajanan ringan 
Sumber: waralabakan.com

Peluang usaha yang pertama adalah jajanan ringan. Ada banyak sekali jajanan ringan yang bisa Anda buat untuk usaha rumahan, mulai dari lumpia, bakpau hingga frozen food. Laba atau profit yang bisa Anda hasilkan dari jajanan ringan juga cukup banyak. Tapi Anda harus membuat dan mengolahnya sendiri agar bisa menghasilkan profit yang maksimal.

Berikan sedikit inovasi agar orang tertarik untuk membelinya. Misalnya saja, ubahlah bentuk dari persegi panjang biasa menjadi kotak berlapis. Orang akan tertarik untuk membeli apabila produk yang berbeda dari produk lainnya. 

Advertisement

Baca Juga: Hal Penting dalam Mengajukan Pinjaman untuk Modal Usaha

Street Food 

Street Food 
Sumber: kayakuliner.com

Apabila Anda ingin untuk membuat usaha street food, maka Anda tidak membutuhkan uang sewa. Street food ini adalah usaha yang hanya membutuhkan mobil berupa van. Anda bisa menjual berbagai macam hal di street food ini, mulai dari kopi hingga makanan seperti pancake.

Gantungkan daftar menu dari papan hitam yang bisa menarik perhatian dengan mudah. Sediakan juga meja dan kursi agar pelanggan bisa duduk dengan nyaman disana. 

Bisnis hidroponik 

Bisnis hidroponik
Sumber: inverstasiuntung.com

Apabila Anda suka dalam bisnis pertanian, maka bisnis hidroponik sangatlah cocok untuk Anda. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk bisnis ini juga cukup besar. Target pasar dari bisnis hidroponik ini juga sudah jelas, sehingga Anda hanya perlu masuk ke dalamnya.

Ada banyak sekali usaha yang berhasil menjadi bisnis hidroponik. Selain itu, Anda bisa memilih ingin menggunakan bisnis hidroponik dengan sayur yang sesuai dengan keahlian Anda. Hidroponik juga tidak membutuhkan lahan yang banyak, sehingga cocok bagi Anda yang memiliki rumah tanpa kebun. 

Baca Juga: Hal Penting dalam Mengajukan Pinjaman untuk Modal Usaha

Mebel 

Mebel 
Sumber: liputan6.com

Usaha ini bisa Anda lakukan dirumah jika Anda memiliki cukup ruang untuk persediaan kayunya. Tidak tanggung-tanggung, Anda bisa mendapatkan keuntungan ratusan juta hingga milyaran rupiah apabila sukses di bidang mebel. Orang-orang selalu membutuhkan kayu untuk berbagai macam hal.

Jenis kayu yang banyak diperdagangkan adalah kayu sengon. Usaha ini memang menghasilkan laba yang cukup banyak, karena modal yang Anda butuhkan juga lumayan banyak. 

Franchise

Franchise
Sumber: detikfinance.com

Jenis usaha ini adalah bisnis yang sangat mudah untuk dilakukan dan hanya membutuhkan modal saja. Anda bisa memilih jenis usaha apa yang sekiranya bisa digunakan untuk menambah penghasilan Anda setiap harinya. Tentu saja Anda membutuhkan tempat yang strategis, bahkan bisa di depan rumah apabila sekiranya ramai dan mampu menarik perhatian pasar.

Jenis bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin mengambil resiko besar untuk membangun usaha sendiri. Tertarik untuk melakukannya?

Baca Juga: Kiat Sukses Memulai Usaha Bagi Pemula

Freelance 

peluang usaha Freelance
Sumber: tempo.co

Freelancer adalah orang yang bekerja secara lepas untuk melakukan suatu pekerjaan. Anda bisa memilih pekerjaan sesuai dengan kemampuan Anda. Misalnya, Anda pintar dalam memanfaatkan aplikasi untuk membuat desain logo. Maka Anda bisa menawarkan jasa membuat desain logo untuk orang yang sedang membutuhkan.

Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah dan sesuai dengan passion Anda. Anda bisa berhenti bekerja kapan saja asalkan masih sesuai dengan deadlinenya.  Sangat menarik bukan? 

Affiliate Marketing 

peluang usaha Affiliate Marketing
Sumber: pahompu.com

Bisnis afiliasi atau affiliate marketing adalah sebuah usaha berbasis online dimana Anda secara tidak langsung ‘menjual’ produk orang lain. Anda membutuhkan koneksi internet dan banyak kenalan online maupun offline sebagai dasar membuat usaha rumahan ini.

Anda bisa mengerjakan pekerjaan Anda dirumah, istirahat kapanpun Anda mau. Sangat menyenangkan bukan? Tapi sebelum membangun sebuah bisnis afiliasi, Anda harus membangun terlebih dahulu website yang akan Anda gunakan untuk pekerjaan ini. 

Baca Juga: Apa Itu Wirausaha dan Jenis-jenisnya

Cuci motor 

peluang usaha Cuci motor 
Sumber otosia.com

Pernahkah Anda membayangkan memiliki sebuah usaha cuci motor? Ini adalah salah satu usaha rumahan yang mungkin saja Anda lakukan. Banyak orang yang memiliki motor tapi tidak memiliki waktu dan tenaga untuk mencucinya dirumah.

Peluang usaha ini pasti akan memiliki pelanggan, apalagi kalau harganya murah dan bisa mendapatkan pembersihan yang maksimal. Usaha ini bisa Anda jalankan di depan rumah atau halaman. Anda hanya butuh modal yang kecil untuk bisa melakukan usaha ini. 

Itu dia 8 peluang usaha rumahan berbasis online dan offline yang bisa Anda lakukan. Memang terlihat sulit pada awalnya, tapi Anda tidak akan pernah tahu hasilnya apabila belum dicoba. Biaya kehidupan sehari-hari sudah semakin mahal setiap harinya, sehingga Anda harus mendapatkan penghasilan bukan?

Apalagi modal yang dibutuhkan untuk membangun usaha-usaha ini juga tidak mahal dan banyak. Beberapa diantaranya bahkan tidak membutuhkan modal berupa uang sama sekali. Jangan tunggu lama, segera bangun usaha Anda sendiri agar bisa mendapatkan penghasilan tanpa cara yang sulit.

Advertisement
Yoko Widito adalah seorang penulis content senior & SEO enthusiast yang aktif menulis di berbagai website online nasional.