Cara Mendapatkan Uang dari Internet Paling Efektif

Rahasia Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Mau tahu rahasia cara mendapatkan uang dari internet? Zaman terus berkembang dan kita telah memasuki yang namanya revolusi industri 4.0. Pada era ini, semuanya tak lepas dari teknologi dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk juga bagaimana cara mendapatkan uang. Dunia digital memberikan perubahan besar dalam banyak kehidupan manusia.

Penasaran bagaimana saja cara yang bisa dilakukan? Mudah kok. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari internet.

Online Shop

cara mendapatkan uang dari internet melalui Online Shop
Sumber: domainesia.com

Online Shop sudah menjamur dimana-mana. Cakupannya tak hanya sebatas promosi pada media sosial, bahkan ada platform khusus untuk kamu membuka toko atau lapak di dunia maya. Sebut saja Bukalapak, Tokopedia hingga Kaskus. Semua dapat diakses dengan mudah hanya dengan membuka akun. Kamu tak perlu repot jika ingin berjualan secara online mengenai barang atau produknya.

Dengan adanya internet juga memudahkan kamu untuk mencari supplier yang bisa dijadikan partner untuk reseller. Sehingga tak perlu ada yang namanya beli barang kemudian jual lagi. Cukup hanya memamerkan foto atau katalog, kemudian lakukan transaksi dengan pembeli kemudian ke supplier.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha Rumahan Berbasis Online dan Offline

Cara ini tentunya tak membutuhkan modal yang banyak. Selain itu, jika kamu memang memiliki beberapa produk olahan sendiri, hal itu dapat digunakan sebagai penarik perhatian pada lapak online kamu. Promosi lewat internet kenyataannya jauh lebih menguntungkan dan mendatangkan para pendatang lebih cepat dan banyak serta memudahkan produk kamu untuk lebih dikenal secara luas.

Menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook hingga Line sebagai alat promosi juga merupakan sesuatu yang mudah dan tentunya tak memerlukan modal. Kamu tinggal upload foto dan tambahkan caption menarik. Banyak contohnya orang yang berhasil mengumpulkan pundi uang dari bejualan di internet.

Website

cara mendapatkan uang dari internet dengan website
Sumber: liputan6.com

Kamu yang suka bikin artikel, konten atau tulisan dan mempunya tempat hostingnya seperti web atau blog pribadi, maka ada kemungkinan menghasilkan uang dari sana. Caranya tentu saja dengan memanfaatkan Google Adsense atau iklan yang tertempel di halaman web atau blog kamu.

Semakin banyak hiasan iklan pada halaman situs kamu, semakin banyak pula uang yang dapat dikumpulkan. Khususnya di luar negeri, beberapa situs umumnya didaftarkan dalam program Google Adsense. Program ini merupakan program pengiklanan yang dimiliki oleh Google dimana publisher dapat memperoleh penghasilan dari klik iklan Google Adsense yang ada di blog atau situs mereka.

Baca Juga: Apa Itu Wirausaha dan Jenis-jenisnya

Program ini disebut dengan PPC (Pay Per Click). Kamu akan dibayar sesuai seberapa banyak klik pada iklan yang terpasang. Biaya per klik iklan tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu oleh Advertiser (pengiklan) dengan sistem bid. Selain dari Google Adsense, masih ada banyak perusahaan lain yang menawarkan kesempatan kepada para pengguna situs atau blog untuk mendapatkan penghasilan dari melalui iklan.

Tetapi tentu saja, untuk mendapatkan iklan, kamu perlu membuat situs kamu paling tidak memiliki visitor yang lumayan banyak. Karena biasanya, advertiser akan mempertimbangkan hal itu juga.

Affiliate Marketer

Affiliate Marketer
Sumber: jefferlysuperclub.com

Berbeda dengan online shop, Affiliate marketer merupakan suatu cara yang kamu tempuh sebagai seorang penjual yang menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi sekian persen (tergantung pemilik produk) dari setiap penjualan yang berhasil transaksi. Cara ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet yang banyak sekali dilakukan oleh pelaku bisnis online.

Produk yang dapat dijual oleh affiliate marketer ini sangat beragam, mulai dari produk digital, hingga produk yang berbentuk fisik, atau bahkan kombinasi dari keduanya. Program affiliasi yang dapat kamu ikuti ada pada Ratakan.com, Amazon.com dan Clickbank.com.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Perbankan dan Jenis-jenisnya 

Ratakan.com

Ratakan.com merupakan marketplace produk digital karya anak bangsa. Produk dari Ratakan.com sebagian besar adalah produk digital yang berhubungan dengan internet marketing dan dikemas dalam bentuk eBook, Software, dan membership. Bagi kamu yang mempunyai situs atau blog pribadi dapat mencoba menjadi affiliate marketer di Ratakan.

Sebagian besar dari produk Ratakan memang banyak dicari oleh internet marketer, dan range komisi yang ditawarkan lumayan besar, bisa sekitar 25%- 75% per penjualan dari link affiliasi milik Anda.

Amazon.com

Kamu pastinya sudah tahu dengan Amazon.com. Ya, Amazon merupakan toko online terbesar di dunia. Produk yang dijual di Amazon kebanyakan adalah berbentuk fisik. Kategori produk yang di jual di Toko Online terbesar ini sangat banyak, mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal, mulai dari yang kecil hingga yang besar, dari barang lawas hingga terpopuler.

Misalnya buku, kamera digital, kulkas, TV, AC, kursi, meja, peralatan mandi, peralatan dapur, hingga game baik PC ataupun PS. Amazon.com ternyata juga memberikan kesempatan bagi semua pemilik website/blog di seluruh dunia untuk mendapatkan uang melalui program affiliasi yang mereka berikan.

Besarnya komisi yang didapatkan oleh publisher Amazon berkisar antara 4% – 8% dari total penjualan, dan tergantung berapa banyak publisher tersebut menjual produk dari Amazon.com. Semakin banyak produk yang terjual, maka akan semakin tinggi persentase komisi yang diberikan.

ClickBank.com

Clickbank merupakan tempat yang menyediakan produk-produk dalam bentuk digital, misalnya ebook, software, dan juga membership. Program affiliasi yang satu ini juga sering digunakan oleh internet marketer di seluruh dunia karena rate komisinya terbilang sangat besar.

Baca Juga: Kiat Sukses Memulai Usaha Bagi Pemula

Bahkan ada beberapa pemilik produk bersedia memberikan komisi hingga 75% dari harga produk kepada para publishernya. Tertarik?

Itulah cara cara yang dapat kamu tempuh untuk menghasilkan uang lewat internet. Tapi tetap berhati-hati ya!

Wahyu Aji
Wahyu Aji
Kontributor artikel berbagai situs dan blog. Temukan saya pada Kompasiana, IDNTimes, Hipwee dan GeoTimes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *