WNI Mendesak Dipulangkan karena Virus Corona, Panglima TNI Jemput Pakai Pesawat Lion Air

0
13
Panglima TNI Pakai Pesawat Lion Air untuk Evakuasi WNI
Sumber: sindonews.com
Advertisement

Penyebaran virus corona yang makin mengkhawatirkan membuat warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Wuhan mendesak ingin dipulangkan. Kabarnya, WNI tersebut akan dievakuasi menggunakan pesawat Lion Air. Hal ini pun dibenarkan oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Iya ada opsi pakai pesawat Lion Air,” kata ucapnya (30/1) lalu..

Di himpun dari CNN Indonesia, Hadi menuturkan itu sepenuhnya menjadi pertimbangan pihak Kementerian Luar Negeri. Pihaknya saat ini tetap bersiaga untuk melakukan penjemputan dengan menggunakan dua pesawat jenis Boeing dan satu pesawat jenis Hercules, karena vpenyebaran virus corona semakin mengkhawatirkan.

Advertisement

“Seandainya pun men-carter pesawat sipil itu juga, itu adalah sudah menjadi pertimbangan dari ibu Menlu (Retno Marsudi),” kata dia.

Terlepas dari opsi tersebut, Hadi sendiri mengatakan TNI sudah bersiaga dan menyediakan pesawat untuk menjemput para WNI di lokasi karantina yang ada di China. Tenaga medis dari TNI juga telah disiapkan untuk bersiaga bahkan sejak lima hari lalu guna memastikan WNI tersebut terbebas dari virus corona.

“Peralatan apa saja yang harus dibawa termasuk baju astronot yang putih-putih itu, termasuk juga ruang isolasi itu saya juga minta, termasuk juga untuk memonitor panas tubuh manusia. Itu sudah saya siapkan semua,” kata Hadi.

Baca Juga: Viral Gadis Berhijab Jatuh dan Meninggal Saat Belanja Diduga Virus Corona, Ini Faktanya

Guna Memastikan Terbebas dari Virus Corona WNI Diisolasi di Asrama Haji

WNI Mendesak Dipulangkan karena Virus Corona Diisolasi di Asrama Haji
Sumber: voi.com

Hadi juga menjelaskan, bahwa pihaknya sedang menunggu keputusan Kemenlu untuk mengetahui apakah TNI ikut atau tidak dalam pesawat sipil tersebut.

“Nanti kami tunggu perintah dari Menlu. Ini leading sector nya kan Menlu, kami yang penting siap kapan Bu Menlu minta bantuan, kita siap,” ucapnya.

Baca Juga: Polemik Masuknya Kapal China ke Perairan Natuna

Selain itu, TNI juga sudah menyiapkan tempat isolasi WNI dari Wuhan yaitu di Asrama Haji, Pondok Gede.

“Ya nanti kapuskes lah yang (urus isolasi) ini,” katanya.

Sebelumnya, penyebaran virus corona yang makin mengkhawatirkan membuat warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di Wuhan mendesak ingin dipulangkan. Kabarnya, WNI tersebut akan dievakuasi menggunakan pesawat Lion Air. 

 

 

Advertisement
Firda Salim adalah lulusan Ilmu Jurnalistik, dengan pengalaman menjadi jurnalis di media lokal dan saat ini aktif menulis di berbagai website di Indonesia.