Pernikahan Mengusung Rasa Nasionalisme Viral di Media Sosial

0
3
Pernikahan Mengusung Rasa Nasionalisme Viral Di Media Sosial
Sumber: kompas.com
Advertisement

Pernikahan unik kembali terjadi Tanah Air. Pernikahan yang mengusung rasa nasionalisme dengan mengadakan upacara bendera saat acara berlangsung viral di jagat maya. Pernikahan tersebut dilangsungkan dengan pembacaan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga mengheningkan cipta saat penghormatan Bendera Merah Putih.

Dihimpun dari tribunnews.com, pernikahan unik ini terjadi di Pedukuhan Kedungpring, Kelurahan Giripeni, Kapanewon Wates, Kulon Progo, pasangan Farid Ridwan (26) dan Dwi Setyaningsih (25) melangsungkan pernikahannya.

Kepala Kantor Urusan Agama Kapanewon Wates, Zamroni mengatakan dari pernikahan tersebut mempelai diwajibkan hafal Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Advertisement

“Kedua mempelai juga harus mengucapkan Pancasila di upacara ini,” kata Zamroni.

Baca Juga: Berawal dari Socmed, Petugas Kebersihan Menikah dengan Bule Cantik Asal Austria

Salah satu yang menjadi tolok ukur dalam rangkaian pernikahan dengan konsep upacara ini adalah Pancasila. Zamroni juga menambahkan pernikahan dengan konsep upacara tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memupuk rasa nasionalisme. Alasannya tidak semua orang mengetahui dan hafal dengan Pancasila sebagai ideologi negara kesatuan Republik Indonesia.

“Hal ini juga diharapkan bisa menepis paham radikalisme, intoleransi dan terorisme,” kata Zamroni.

Pernikahan Mengusung Rasa Nasionalisme juga Dihadiri Polsek dan Koramil

View this post on Instagram

Tanggal 17 Agustus adalah tanggal yang spesial bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada tanggal ini juga biasanya orang ingin mengabadikan momen penting setelah perayaan kemerdekaan. . Ada orangtua yang sengaja menyamakan lahiran anaknya pada tanggal 17 Agustus dan ada juga pengantin yang menikah atau menggelar resepsi di tanggal yang sama dengan peringatan kemerdekaan Indonesia. . Seperti yang dilakukan oleh pasangan satu ini. Ada satu momen unik di pernikahan pasangan yang disebut asal Kebumen, Jawa Tengah ini. Oleh karena resepsinya diadakan pada tanggal 17 Agustus, pengantin ini kemudian memutuskan untuk mengadakan upacara bendera pada resepsinya. Orang yang jadi petugas pengibar mendera adalah pengantin itu sendiri. . Artikel : Brilio.net Video : Paku Galih

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo) on

Dalam postingan @makassar_iinfo, tidak hanya tamu undangan yang datang, pernikahan unik ini juga dihadiri oleh Polsek dan Koramil dengan pakaian dinasnya. Setelah keduanya melafalkan pancasila maka ijab qobul baru dapat dimulai. Dilanjutkan dengan pembacaan janji suci perkawinan antar kedua mempelai.

Zamroni juga menjelaskan sebelum pelaksanaan pernikahan, kedua mempelai juga harus membawa bibit pohon buah dan menanamnya. Tak sampai disitu, bahkan mempelai diharuskan membawa bibit ikan dan menebarnya ke sungai. Menurutnya hal ini merupakan inovasi yang ia lakukan di sejumlah momen pernikahan.

Baca Juga: Seorang Pria Korban PHK Terpaksa Numpang Makan Di Resepsi Pernikahan

Tujuan dari penanaman pohon dan menebar benih ikan merupakan upaya dalam peduli terhadap lingkungan. Pernikahan dengan melakukan upacara bendera sebelumnya pernah terjadi di Kebumen, Jawa Tengah.

Sebelumnya, pernikahan yang mengusung rasa nasionalisme dengan mengadakan upacara bendera saat acara berlangsung viral di jagat maya. Pernikahan tersebut dilangsungkan dengan pembacaan Pancasila, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga mengheningkan cipta saat penghormatan Bendera Merah Putih.

 

Advertisement
Firda Salim adalah lulusan Ilmu Jurnalistik, dengan pengalaman menjadi jurnalis di media lokal dan saat ini aktif menulis di berbagai website di Indonesia.