Intip Profil Lengkap Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

risa santoso

Sosok Risa Santoso akhir-akhir ini menjadi viral dijagat media sosial. Pasalnya perempuan 27 tahun ini baru saja dilantik menjadi rektor Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang pada hari Sabtu (2/11/2019). Pencapaian luar biasa ini tentu saja didapat dari hasil usaha yang tidak main-main.

Selain parasnya yang cantik, prestasi Risa juga sangat luar biasa. Ia mengambil S1 di University of California, Berkeley Jurusan Ekonomi. Kemudian Ia melanjutkan studinya ke jenjang S2 berkat beasiswa LPDP untuk berkuliah di Harvard University yang merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Risa mengambil jurusan pendidikan.

Risa Santoso Pernah Menjadi Tenaga Ahli Muda di Kantor Staf Presiden

Risa Santoso pernah menjadi tenaga ahli muda di kantor staff Presiden
Sumber: instgram.com/santosorisa/

Dikutip dari Gridhot dari Surya Malang, Risa juga memiliki pengamalan yang cemerlang. Ia diketahui pernah bekerja sebagai Tenaga Ahli Muda di Kantor Staf Presiden. Bahkan, Risa merupakan inisiator dari ASIA Entrepreneurship Training Program (AETP) yang merupakan program akselerasi kerjasama dari Swiss dan Indonesia.

Tak sampai disitu, Risa juga inisiator ASIA Hackaton dan program magang di luar negeri. Sebelum menjadi rektor, Risa pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Kampus Asia. Memiliki segudang prestasi tidak membuat Risa kehilangan waktu untuk memanjakan diri. Terlihat dari akun instagramnya @santosorisa, nampaknya Ia tetap meluangkan waktu untuk hangout bersama teman-temannya.

Baca Juga: Intip Profil Lengkap Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

Risa mengaku terkejut dengan viralnya Ia sebagai rektor termuda di Indonesia. Dikutip dari tribunnews, Risa mengaku kaget, sebab pelantikannya menjadi rektor menjadi heboh jagat media. Ia juga berharap semoga pemberitaan tentangnya dapat bermanfaat untuk kampus. Sebelum terpilihnya Risa menjadi rektor termuda di Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan di Kampus Asia.

Setelah mengemban pendidikan S1 dan S2 dari Amerika, Risa Santoso menjadi inisiator aktivitas Asia Enterpreneurship Training Program (AETP), sebuah akselerasi kerjasama pemerintah Indonesia dengan Swiss dalam pengembangan start up. Risa mengutarakan, terpilihnya Ia menjadi rektor karena kampus memiliki keinginan untuk mengembangankan pendidikan ekonomi berbasis digital.

Dari pihak ITB Asia Malang, dari sekian calon Risa dinilai cocok dengan visi misi yang dituju oleh kampus. Risa memiliki keinginan dan tekad untuk mendekatkan mahasiswanya kepada dunia pekerjaan. Tak hanya itu, Risa juga ingin menjadikan Kampus Asia ini bisa fokus ke bisnis digital yang sekarang sedang berkembang.

Dalam ranah psikologi, mulai usia 25 tahun termasuk dalam jenjang dewasa awal. Di usia ini jadi masa orang mengembangkan karier dan menikah didukung perkembangan fisik dan emosi yang sudah matang. Psikolog Rena Masri mengungkapkan bahwa di usia ini orang lebih dinamis, enerjik dan lebih update soal perkembangan teknologi.

Baca Juga: Angeli Emitasari, Pedangdut yang Memilih Jadi Kades di Lamongan

Risa Santoso, lahir pada 27 Oktober 1992, lulusan kampus ternama yaitu S1 University of California Amerika Serikat, jurusan Ekonomi. Selanjutnya S2 Harvard University jurusan Pendidikan, melalui beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Tidak hanya itu Risa juga pernah menjadi staf di kantor Presiden, menjabat sebagai tenaga ahli muda. Bahkan Risa merupakan inisiator dari ASIA interprenunership Training Program, merupakan program akselerasi kerjasama dari Swiss dan Indonesia.

Diumur 27 tahun Risa sudah menjabat sebagai rektor di Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) di ASIA Malang. Dilantik pada 2 November 2019 dan sekarang menjadi rektor termuda se Indonesia. Namun sebelum menjadi rektor Risa pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Kampus ASIA. Keinginannya untuk terjun ke dunia pendidikan akhirnya bisa terwujud dengan menjadi rektor di Institut Teknologi dan Bisnis.

Firda Salim
Firda Salim
Firda Salim adalah lulusan Ilmu Jurnalistik, dengan pengalaman menjadi jurnalis di media lokal dan saat ini aktif menulis di berbagai website di Indonesia.

One Reply to “Intip Profil Lengkap Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *