Fakta Menarik Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

Fakta Menarik Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

Risa Santoso, Rektor termuda se Indonesia ini namanya sedang ramai dibicarakan dijagat maya. Pelantikannya tanggal 2 November lalu sontak menjadi viral dan membuat masyarakat merdecak kagum.

Selain parasnya yang cantik, Ia memiliki prestasi yang luar biasa. Adalah hal yang wajar jika Risa Santoso ditunjuk menjadi rektor di Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang. Yuk, simak fakta menarik tentang Risa Santoso berikut ini.

Risa Santoso Baru Berusia 27 Tahun

Risa Santoso baru berusia 27 tahun
Sumber: instagram.com/santosorisa/

Risa Santoso, lahir pada 27 Oktober 1992, lulusan kampus ternama yaitu S1 University of California Amerika Serikat, jurusan Ekonomi. Selanjutnya S2 Harvard University jurusan Pendidikan, melalui beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Tidak hanya itu Risa juga pernah menjadi staf di kantor Presiden, menjabat sebagai tenaga ahli muda. Bahkan Risa merupakan inisiator dari ASIA interprenunership Training Program, merupakan program akselerasi kerjasama dari Swiss dan Indonesia.

Baca Juga: Intip Profil Lengkap Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

Diumur 27 tahun Risa sudah menjabat sebagai rektor di Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) di ASIA Malang. Dilantik pada 2 November 2019 dan sekarang menjadi rektor termuda se Indonesia.

Namun sebelum menjadi rektor Risa pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Kampus ASIA. Keinginannya untuk terjun ke dunia pendidikan akhirnya bisa terwujud dengan menjadi rektor di Institut Teknologi dan Bisnis.

Lulusan University of California dan Harvard University

Risa Lulusan University of California dan Harvard University
Sumber: instagram.com/santosorisa/

Prestasi Risa juga sangat luar biasa. Ia mengambil S1 di University of California, Berkeley jurusan Ekonomi. Kemudian Ia melanjutkan studinya ke jenjang S2 berkat beasiswa LPDP untuk berkuliah di Harvard University yang merupakan salah satu universitas terbaik di dunia. Risa mengambil jurusan pendidikan.

Pernah Menjadi Tenaga Ahli Muda di Kantor Staf Presiden

Risa pernah menjadi tenaga ahli muda di kantor staff Presiden
Sumber: instagram.com/santosorisa/

Ia diketahui pernah bekerja sebagai Tenaga Ahli Muda di Kantor Staff Presiden. Bahkan, Risa merupakan inisiator dari ASIA Entrepreneurship Training Program (AETP) yang merupakan program akselerasi kerjasama dari Swiss dan Indonesia.

Tak sampai disitu, Risa juga inisiator ASIA Hackaton dan program magang di luar negeri. Sebelum menjadi rektor, Risa pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Kampus Asia.

Ingin Memfokuskan Pendidikan Bisnis Digital di Kampus ITB Asia Malang

pelantikan
Sumber: instagram.com/santosorisa/

Dari pihak ITB Malang, dari sekian calon Risa dinilai cocok dengan visi misi yang dituju oleh kampus. Risa juga memiliki keinginan dan tekad untuk mendekatkan mahasiswanya kepada dunia pekerjaan. Tak hanya itu, Risa juga ingin menjadikan Kampus Asia ini bisa fokus ke bisnis digital yang sekarang sedang berkembang.

Baca Juga: Viral Tukang Tambal Ban Cantik di Garut, Ternyata Lulusan Perhotelan dengan IPK Cumlaude

Setelah lulus pendidikan S1 dan S2 dari Amerika, Risa Santoso menjadi inisiator aktivitas Asia Enterpreneurship Training Program (AETP), sebuah akselerasi kerjasama pemerintah Indonesia dengan Swiss dalam pengembangan startup. Risa mengutarakan, terpilihnya Ia menjadi rektor karena kampus memiliki keinginan untuuk mengembangankan pendidikan ekonomi berbasis digital.

Sudah Memiliki Kekasih

Risa Santoso Sudah memiliki kekasih
Sumber: instagram.com/santosorisa/

Para pria sepertinya akan patah hati mengetahui hal ini karena Risa Santoso telah memiliki seorang kekasih yang bernama Michael Sugijanto. Dalam akun instagramnya Risa mengunggah foto kebersamaannya bersama sang kekasih sambal memegang kue dengan caption “thank you for making my birthday extra special” dengan menambahkan tagar #happy.

Menyukai Traveling

Risa Santoso Menyukai traveling
Sumber: instagram.com/santosorisa/

 

Memiliki segudang prestasi tidak membuat Risa kehilangan waktu untuk memanjakan diri. Terlihat dari akun instagramnya, Risa nampaknya tetap meluangkan waktu untuk traveling atau sekedar hangout bersama teman-temannya.

Risa mengaku terkejut dengan viralnya Ia sebagai rektor termuda di Indonesia. Dikutip dari tribunnews, Risa mengaku kaget, sebab pelantikannya menjadi rektor menjadi heboh. Ia juga berharap semoga pemberitaan tentangnya dapat bermanfaat untuk kampus. Sebelum terpilihnya Risa menjadi rektor termuda di Institut Teknologi dan Bisnis Malang, Ia pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan di Kampus Asia.

 

Firda Salim
Firda Salim
Firda Salim adalah lulusan Ilmu Jurnalistik, dengan pengalaman menjadi jurnalis di media lokal dan saat ini aktif menulis di berbagai website di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *