Ada Sahabat Dibalik Panggilan Jokowi

Jokowi Presiden RI

Pasti banyak diantara kalian menduga jika nama panggilan Presiden Jokowi merupakan singkatan dari nama lengkapnya yakni Joko Widodo, atau panggilan masa kecil Presiden Jokowi.

Faktanya panggilan tersebut merupakan nama panggilan dari sahabatnya yang berasal dari Prancis bernama Bernard Chene. Dari video di Youtube yang juga diunggah ke akun Instagram resmi Presiden Jokowi, Bernard Chene mengungkapkan alasannya menyingkat nama Joko Widodo menjadi Jokowi.

Ternyata alasannya sangat sederhana, yakni di Perancis terbiasa punya nama panggilan singkatan dan nama Joko Widodo dirasa terlalu panjang untuk Bernard yang diungkapkan dalam video tersebut. “Kemudian saya tanya ke beliau, kalau tidak keberatan boleh saya panggil Jokowi saja? Dan begitulah awal ceritanya,” lanjutnya.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=j2fHG6hjwh8[/embedyt]

Dalam akun instagramnya, Jokowi mengungkapkan jika nama panggilan tersebut bukanlah dari masa kecilnya, tapi semenjak mengenal Bernard Chene. Dia merupakan teman dari Presiden Joko Widodo. Bernard Chene adalah mitra usaha Jokowi ketika masih menjadi pengusaha meubel. Bernard Chene pertama kali bertemu Jokowi tahun 1999 di Solo.

Baca Juga: Intip Profil 7 Milenial yang Jadi Staf Khusus Jokowi

Video tersebut juga menjelaskan bahwa Jokowi merambah ekspor meubel ke Eropa melalui Bernard. Selain menjadi mitra usaha, mereka juga akhirnya menjadi sahabat. Bernard mengungkapkan, nama Jokowi semula hanya panggilan darinya untuk mempermudah memanggil Jokowi. Namun saat ini ia merasa senang karena nama ciptaannya itu pun digunakan orang lain untuk memanggil Jokowi.

Nama Jokowi Berawal dari Panggilan Seorang Sahabat

Presiden RI Joko Widodo
Sumber: jawapos.com

Nama Jokowi awalnya hanya dipakai di antara Ia dan Bernard, namun sekarang semua orang memanggilnya dengan nama itu. Dalam video tersebut, Bernard juga menceritakan bagaimana sosok Jokowi di matanya.

Termasuk juga ceritanya soal pertemuan dengan Jokowi ketika sang sahabat sedang berkunjung ke negaranya. Saat ini, Bernard berusia 78 tahun dan bermukim di kota Sucy-en-Brie, di luar kota Paris.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmi Tidak Terbitkan Perppu KPK

Presiden Joko Widodo mengungkap asal muasal nama panggilan “Jokowi” melalui akun media sosialnya Twitter dan Instagram. Presiden menyebutkan nama panggilan “Jokowi” melekat bukanlah dari kecil, melainkan dari sahabatnya.

“Nama saya Joko Widodo, dipanggil Jokowi. Dan nama panggilan ini melekat bukanlah dari saya kecil, tapi semenjak mengenal Bernard Chene. Orang Prancis,” cuit Presiden Jokowi, Minggu (10/11/2019).

Presiden Jokowi kemudian mengajak warganet untuk menyimak kisahnya melalui video berdurasi sekitar beberapa menit. Video tersebut berisi penjelasan Bernard Chene tentang asal mula nama panggilan Jokowi.

Bernard Chene mengisahkan asal nama panggilan Jokowi dalam bahasa Inggris. Video itu juga dilengkapi dengan teks berbahasa Indonesia. Kemudian Bernard menjawab pertanyaan itu. “Alasannya sangat sederhana. Di Perancis, kami terbiasa punya nama panggilan singkat,” ujar dia.

Menurut Bernard Chene, nama Joko Widodo terlalu panjang untuk mereka. “Kemudian saya tanya ke beliau. Kalau tidak keberatan, boleh saya panggil ‘Jokowi’ saja? Dan begitulah awal ceritanya,” jelasnya.

Setelah itu muncul teks pertanyaan: “Bagaimana perasaan Anda ketika nama panggilan “Jokowi” jadi dipakai semua orang?”

Baca Juga: Fakta Menarik Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

Bernard menyebutkan nama itu awalnya hanya di antara dia dan Jokowi. Namun sekarang, semua orang memanggilnya dengan nama itu.

“Ya mungkin sedikit senang sih, karena kan saya yang membuatnya, Bagus!,” katanya.

Sementara itu mengenai definisi nama Jokowi dalam tiga kata, Bernard Chene menyebutkan dapat diandalkan, dapat dipercaya dan sangat pintar. “Itu tiga kata untuk Jokowi,” katanya.

Di akun Twitter, cuitan yang diunggah pada Minggu (11/11/2019) sekitar pukul 15.40 WIB itu, hingga Senin (11/11/2019) sekitar pukul 10.30 WIB sudah mendapat 3.100 retweet dan 17.000 menyatakan suka.

 

Firda Salim
Firda Salim
Firda Salim adalah lulusan Ilmu Jurnalistik, dengan pengalaman menjadi jurnalis di media lokal dan saat ini aktif menulis di berbagai website di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *