Resep Rendang, Masakan Padang Paling Populer

Artikel ini terakhir di perbaharui February 4, 2020 by Yoko Widito
Resep Rendang, Masakan Padang Paling Populer

Kali ini kita akan mempelajari resep rendang, masakan padang yang paling populer di dunia. Rendang adalah salah satu makanan khas dari Padang yang sangat terkenal. Banyak orang yang suka dengan cita rasa rendang, mulai dari penduduk lokal hingga turis dari mancanegara. Nah berikut ini kami akan membagikan resep Rendang, masakan padang yang paling populer ini. Jadi kamu bisa mencoba memasaknya sendiri dirumah.

Resep Rendang Daging Sapi

resep masakan padang rendang sapi
Sumber: beepdo.com

Rendang bisa dibuat dari berbagai macam jenis bahan, mulai dari daging sapi hingga daging ayam. Apabila kamu ingin mencoba untuk membuat rendang dari daging sapi, ada beberapa alat dan bahan yang kamu butuhkan. Alat dan bahan yang kamu butuhkan untuk bahan utamanya:

  1. 1 KG daging sapi
  2. 1 gelas air putih
  3. Kayu manis secukupnya
  4. Garam secukupnya
  5. 2 lembar daun kunyit
  6. 5 lembar daun jeruk purut
  7. 1 KG santan kelapa tua
  8. 2 buah asam kandas

Baca Juga: Resep Ayam Geprek Enak dan Mudah Bikinnya

Disamping menyiapkan bahan utama, kamu juga harus menyiapkan beberapa bahan untuk bumbu halusnya yakni:

  1. Jahe secukupnya
  2. Lengkuas secukupnya
  3. 6 siung bawah putih
  4. 20 cabai merah rawit
  5. 20 siung bawang merah
  6. 1 sendok teh ketumbar
Sumber: merdeka.com

Cara Membuat Rendang Daging Sapi

  1. Cuci daging hingga bersih. kamu memiliki dua pilihan untuk mencuci daging ini, yakni dengan air mendidih atau air mengalir. Kalau kamu membersihkannya dengan air mendidih, maka akan terlihat bahwa air berubah warna karena tercampur kotoran dari daging.
  2. Haluskan bumbu. Ada dua cara yang bisa kamu pilih, yakni dengan menggiling manual atau memblendernya langsung. Apabila kamu suka makanan yang bumbunya benar-benar halus, maka disarankan untuk memblendernya. Tapi kalau kamu lebih suka bumbunya sedikit kasar, maka gunakan cobek untuk menggilingnya.
  3. Panaskan wajan. Setelah wajan menjadi panas, kamu bisa memasukkan santan, daging sapi dan air yang sudah dipersiapkan sebelumnya. kamu harus terus mengaduk santan yang ada dalam wajan tersebut, karena jika tidak maka santan akan menjadi pecah.
  4. Masukkan beberapa bahan utama lain. Masukkan serai, daun jeruk purut, asam, garam dan daun kunyit sembari terus mengaduk santan di dalam wajan. Apabila sudah cukup lama diaduk, maka daging rendang akan mengering sedikit demi sedikit. Setelah kecoklatan kamu bisa memasukkan kayu manis dan cengkeh. Tunggulah beberapa saat hingga daging mengeluarkan minyak.

Baca Juga: Cara Membuat Berbagai Jenis Seblak Bandung

Bahan-bahan diatas bisa digunakan untuk 7 porsi rendang. Rendang ini bisa bertahan cukup lama, karena proses memasaknya pun lama. Tapi kalau kamu ingin membuat rendang ini menjadi lebih awet lagi, maka kamu bisa mengeringkannya. Kamu bisa memanaskannya dan menambahkan santan lebih banyak lagi.

Jangan lupa tambahkan juga kelapa sangrai agar lebih awet. Kalau sudah dikeringkan, maka rendang ini bisa bertahan hingga lebih dari 3 bulan. Sangat cocok apabila ingin dibawa travelling atau pergi ke tempat yang jauh.

Tips Memasak Daging Sapi Supaya Empuk

Ada beberapa tips agar daging sapi yang kamu masak menjadi lebih empuk. Yang pertama adalah menggunakan bagian daging yang tepat. Akan lebih baik apabila sebuah rendang menggunakan bagian daging yang keras. Hal ini dikarenakan kamu akan memasak bagian daging ini dalam waktu yang lama. Kalau kamu memilih bagian yang lunak, maka daging akan mudah hancur jika dimasak dalam waktu yang lama.

Tips yang kedua adalah memasak dengan api kecil. Banyak orang yang melakukan kesalahan ini apabila sedang memasak rendang. kamu perlu bersabar dan memasaknya dengan api kecil. Rendang kering memerlukan waktu kurang lebih 5 sampai 6 jam menggunakan api kecil. Kalau kamu lebih suka rendang yang basah, maka kamu bisa memasaknya kurang lebih 4 jam.

Resep Rendang Daging Ayam

resep masakan padang rendang ayam
Sumber: pastisania.com

Resep selanjutnya adalah rendang dari daging ayam. Cara pembuatannya masih kurang lebih sama, hanya saja ada bahan yang berbeda. Berikut ini adalah bahan yang kamu butuhkan apabila ingin membuat rendang ayam:

  1. 1 kg ayam
  2. Santan dari dua butir kelapa utuh
  3. 1 ons cabai merah rawit
  4. 7 siung bawah putih
  5. 11 siung bawang merah
  6. Jahe secukupnya
  7. Kacang merah 250 gram (opsional)

Baca Juga: Cara Membuat Donat Empuk Serta Enak. Bikin Ketagihan!

Cara Membuat Rendang Daging Ayam

Sumber: viramon.com
  1. Haluskan bumbu terlebih dahulu. Haluskan cabai, bawang putih, merah dan juga jahe. Bahan-bahan ini nantinya akan kamu gunakan untuk mengolah kuah rendang ayam. Apabila semua bahannya masuk, maka kamu akan mendapatkan cita rasa dan aroma yang sangat kuat.
  2. Siapkan wajan dan panaskan dalam api sedang. Setelah itu, masukkan santan dan bumbu yang sudah dihaluskan. Masih sama seperti sebelumnya, aduk terus kuah tersebut hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, kamu bisa memasukkan ayam yang sudah dipotong. Tetap aduk santan dan ayam yang sudah dimasukkan.
  3. Masukkan kacang merah, tapi jika kamu tidak terlalu suka atau ingin yang original saja, maka kamu tidak perlu memasukkannya. Ikuti langkah yang sama dengan cara membuat rendang sapi diatas. Berbeda dengan rendang sapi, akan lebih baik apabila rendang ayam ini tidak dikeringkan. Rasanya akan menjadi berbeda dan kurang berserat.

Resep rendang yang menggunakan daging sapi ataupun ayam sama sama enak tergantung selesa masing masing, dan keduanya juga termasuk dalam masakan padang yang paling populer karena kelezatan rasanya.

 

Wahyu Aji
Kontributor artikel berbagai situs dan blog. Temukan saya pada Kompasiana, IDNTimes, Hipwee dan GeoTimes.