Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger

0
3
Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger
Advertisement

Ngeblog saat ini sudah menjadi sebuah aktifitas yang sangat umum dilakukan banyak orang. Cara membuat blog dan platform yang mudah digunakan membuat blogger menjadi pilihan untuk melakukan aktifitas ngeblog sehari hari.

Lalu bagaimana kalau gaptek? Tenang saja belajar ngeblog itu cukup mudah kok dan gampang dilakukan. Sepanjang Anda mengikuti cara yang tepat, maka Anda akan bisa melakukannya sendiri. Berikut ini adalah langkah-langkah atau tutorial cara membuat blog yang mudah untuk dipraktekkan.

Langkah pertama : Membuka situs

Membuka situs blogger
Sumber: techprevue.com

Ada banyak sekali jenis website yang bisa Anda gunakan secara gratis, salah satunya adalah Blogger. Blogger merupakan website yang cukup mudah untuk seorang pemula yang benar-benar baru ingin memulai. Blogger juga mudah untuk mengedit segala sesuatunya, mulai dari tema hingga komentar yang masuk.

Advertisement

Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti.

  1. Bukalah tab baru dan masukkan Blogger.com.
  2. Anda akan menemukan tombol Buat Blog dan Masuk.
  3. Kalau Anda belum memiliki akun, maka Anda bisa klik pilihan Buat Blog.
  4. Masukkan alamat email beserta password yang Anda miliki dan pilih step berikutnya.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Untuk Merebut Suami Orang

Langkah Kedua : Memilih Profil

cara membuat profil blog
Sumber: techprevue.com

Apabila Anda sudah melakukan langkah pertama, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah kedua. Anda akan disuruh untuk memilih profil akun yang akan digunakan.

Ada dua pilihan yang akan ditawarkan kepada Anda:

  1. Akun Blogger biasa
  2. Menggunakan Akun Google

Akan lebih mudah apabila Anda memilih untuk menggunakan Akun Google. Setelah Anda mengklik pilihan tersebut, Anda sudah tidak perlu lagi mengisi formulir. Google secara otomatis akan mengisi data Anda dengan lengkap. Kalau ada data yang ingin diubah, Anda bisa langsung mengubahnya dalam tampilan website. Pilih Buat Profile apabila Anda sudah yakin memasukkan data yang tepat.

Anda akan disarankan untuk memasukkan foto profil. Meski demikian, Anda bisa memilih untuk tidak memasukkannya. Apabila Anda tidak ingin menambahkan foto profil, maka Anda bisa klik lewati. Kalau Anda ingin menambahkan foto profil, maka Anda bisa mengklik logo kamera yang ada di page tersebut, setelah itu upload gambar sesuai dengan keinginan Anda. Setelah gambar terupload dengan sempurna, maka Anda bisa mengklik tombol simpan atau save.

Langkah Ketiga: Memulai Blog Baru

cara membuat dan memulai Blog Baru
Sumber: techprevue.com

Untuk bisa membuat blog baru, Anda harus memastikan bahwa akun email yang digunakan belum pernah mencoba membuat blog baru. Untuk membuat blog baru, Anda bisa mengklik pilihan atau tombol buat blog baru. Setelah itu, blogger akan memberikan Anda akses untuk memasukkan judul blog yang Anda inginkan.

Contoh judul blog yang bisa Anda buat adalah Belajar Matematika Menyenangkan. Setelah memasukkan judul blog, Anda bisa memasukkan alamat URL yang diinginkan. Misalnya, Anda ingin blog Anda dikenal dengan nama belajarmatematikamenyenangkan.blogspot.com

Untuk tampilannya, Anda bisa memilih berbagai macam tema standart yang sudah disediakan oleh Blogger. Setelah mengatur semua hal ini, Anda bisa mengklik pilihan Buat Blog.

Baca Juga: Laptop Gaming Murah 5 Jutaan, Cocok Untuk Mahasiswa

Langkah Keempat: Mengatur setting dan navigasi

Sumber: techprevue.com

Setelah menjalani step tersebut, Anda sudah memiliki blog baru sesuai dengan data yang Anda masukkan sebelumnya. Setelah membuat blognya, Anda harus mempelajari beberapa setting yang ada di dalam blog tersebut. Ada beberapa hal yang dasar yang wajib Anda ketahui, misalnya statistik, komentar, pos, laman, tema dan tata letak. Statistik berfungsi untuk menunjukkan secara detail berapa banyak pengunjung yang datang dan membaca isian website Anda. Tidak hanya itu, statistik juga akan menunjukkan berapa banyak artikel yang sudah dipublish.

Sedangkan bagian komentar akan menunjukkan berapa banyak komentar yang masuk dan apa isinya. Anda bisa menjawab komentar tersebut, bisa juga menghapus komentar yang ada apabila tidak diinginkan ada dalam blog. Pos akan menunjukkan daftar artikel atau bahan yang sudah diterbitkan di dalam blog. Tidak hanya yang sudah diterbitkan, pos juga bisa berisi tentang berapa banyak artikel yang masih berbentuk draft atau kerangka belum jadi.

Langkah Kelima: Posting Konten Pertama Kali

Sumber: techprevue.com

Apabila Anda sudah membuat blog baru, maka Anda harus mengisinya dengan konten tertentu. Misalnya, Anda ingin membuat website ini khusus untuk belajar matematika. Maka Anda bisa membuat konten yang berhubungan dengan matematika, misalnya luas persegi, volume kubus dan masih banyak lagi yang lainnya. Setelah membuat konten yang Anda inginkan, Anda harus bisa untuk mempostingnya di blog.

Baca Juga: 11 Aplikasi Anti Virus PC dan Android Terbaik 2020

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol Entri Baru. Setelah itu, Anda akan melihat ada dua bagian kosong, satu untuk judul dan satu untuk isi konten. Buatlah judul yang pendek tetapi menarik. Setelah itu, Anda bisa memasukkan konten yang sudah dibuat sebelumnya. Tambahkan gambar atau video untuk bisa membuat tampilan blog Anda menarik.

Ada cukup banyak menu formatting yang bisa Anda gunakan. Apabila sudah selesai berkreasi dengan format, maka Anda bisa menambahkan kategori sesuai dengan konten yang dibuat. Misalnya, kategori pendidikan. Anda bisa mengatur kapan ingin mempostingnya sesuai keinginan. Kalau Anda sudah yakin ingin mempublish konten Anda, maka Anda bisa mengklik tombol publikasikan.

Sumber: techprevue.com

Itu dia tutorial dan cara yang harus dilakukan apabila ingin membuat blog baru di blogger. Sangat mudah apabila Anda mengikuti langkah-langkah diatas. Bahkan Anda bisa mendapatkan rupiah melalui menulis konten di blog. Hanya saja, Anda harus melakukan beberapa hal lagi untuk bisa mendaftarkan blog Anda pada google adsense.

Advertisement
Kontributor artikel berbagai situs dan blog. Temukan saya pada kompasiana, idntimes, hipwee dan geotimes.