Daftar VPN Gratis Yang Bisa Kamu Gunakan

Artikel ini terakhir di perbaharui February 17, 2020 by Yoko Widito
Daftar VPN Gratis Yang Bisa Kamu Gunakan

Secara umum, kegunaan VPN adalah untuk membuat akses kepada sebuah situs yang ditutup oleh pihak berwenang dengan membuat suatu jaringan khusus atau privat. Saat ini ada sangat banyak VPN gratis yang bertebaran, tapi pandangan yang berkembang mengenai VPN kadang selalu buruk. Karena biasanya juga penggunanya memakai untuk keperluan pribadi yang kita ketahui sendiri kemana tujuannya.  Padahal nih, VPN gunanya tak cuma untuk itu saja.

Bagaimana Cara Kerja VPN ?

Bagaimana Cara Kerjanya?
Sumber: technology.desktopnexus.com

Agar lebih memahami mengenai seluk beluk VPN, maka kita perlu untuk mengetahui bagaimana prinsip kerja dari VPN itu sendiri. VPN bekerja dengan cara seakan-akan membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut tunnel (terowongan). Tunneling ini digunakan untuk membuat jalur privat atau khusus dengan menggunakan fasilitas dari pihak ketiga.

Baca Juga: Antivirus Terbaik 2020 untuk Melindungi Android dan PC

Cara kerja VPN sendiri menggunakan salah satu dari tiga teknologi tunneling yang sudah dikenal yaitu: PPTP, L2TP, dan Internet Protocol Security (IPSec). VPN merupakan perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi sehingga lebih aman daripada koneksi internet biasa. Ketika menghubungkan antar 1 PC dengan PC yang lain, VPN membutuhkan sebuah Server VPN.

Server ini bisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router. Komputer dengan aplikasi VPN Client nantinya akan mengontak Server VPN, VPN Server kemudian melakukan verifikasi username dan password. Jika proses tersebut berjalan berhasil, VPN Server akan memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.

Apa Kegunaan VPN ?

Apa Kegunaannya?
Sumber: grid.id

Kegunaan VPN seperti telah disinggung sebelumnya tak melulu soal memasuki situs terblokir. Ternyata masih banyak manfaat penggunaan VPN itu sendiri.

Mempercepat Proses Download

Kok bisa sih VPN dapat mempercepat kecepatan download? Jadi begini, ketika kita sedang menggunakan VPN, kita seolah-olah sedang menggunakan jaringan pribadi, yang mana sedikit digunakan oleh orang lain. Hal ini tentunya bisa membuat koneksi terhubung secara langsung dengan arus data yang mengalir di internet, yang berdampak pada kecepatan download.

Baca Juga:11 Aplikasi Anti Virus PC dan Android Terbaik 2020

Menutupi History Internet

Salah satu kegunaan VPN yang begitu bermanfaat hingga sekarang dan menjadi andalan siapapun, yaitu melindungi kesucian history internet atau browser kamu. VPN dapat digunakan untuk mengakses konten yang bersifat privat atau rahasia di internet. Penggunaan VPN tidak akan tercatat di history penelusuran. Sehingga tidak akan terdeteksi oleh orang lain atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini sangat berguna untuk hal-hal yang berkaitan dengan hak cipta.

Sebagai Remote Access

Menggunakan VPN juga dapat dipakai untuk mengakses komputer atau jaringan kantor, dari manapun selama masih terhubung ke internet seperti misalnya untuk mengambil data, membuka e-mail atau database dan lain sebagainya.

Membuka akses pada situs yang diblokir / disensor

VPN begitu berguna ketika kamu ingin mengunjungi atau mengakses situs yang di blokir atau konten yang di sensor oleh host ataupun ISP yang biasanya terkait dengan regulasi negara atau kantor. Contohnya saja pemblokiran situs sosial media pada jam kerja, pemblokiran situs FB pada beberapa negara dan sebagainya.

Layanan VPN yang Dapat Digunakan

Aplikasi untuk mendapatkan VPN dan bisa diakses lewat Android sudah banyak. Berikut kami jabarkan

Hola VPN

Hola VPN
Sumber: chrome.google.com

Hola VPN telah memiliki lebih dari 117 juta pengguna dan beroperasi di hampir semua perangkat elektronik terkini. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memungkinkan penggunanya dapat menikmati penelusuran web tanpa batas serta akses tak terbatas ke Play Store.

Baca Juga: Waspada, Ini Cara Hacker Hack Whatsapp Kamu

Hola kini hadir dengan fitur browser web built-in dan kemampuan untuk menginstal aplikasi yang bahkan dibatasi oleh geo hanya dengan beberapa klik. Versi gratis didukung oleh versi komersial layanan VPN yang tersedia untuk pelanggan bisnis.

Hotspot Shield

VPN Gratis Hotspot Shield
Sumber: modcosy.com

Aplikasi ini sangat populer dan telah diunduh lebih dari 500 juta kali dan tentu saja hadir untuk para pengguna Android. Versi gratis dari aplikasi ini dilengkapi dengan iklan, tetapi ada juga paket premium, yang mencakup beberapa fitur tambahan. Hotspot Shield menawarkan jangkauan VPN dari 20 negara. Selain itu juga menjamin kinerja yang tak tertandingi dan kemampuan untuk membuka blokir konten yang dibatasi secara geografis atau negara.

Baca Juga: 10 HP Vivo Terbaru 2020 Beserta Spesifikasinya

Hotspot Shield juga menambahkan fitur yang sangat berguna ketika menjelajah internet yaitu filter malware sendiri untuk memperingatkan Anda jika Anda mengunjungi situs yang diketahui mengandung malware. Menurut situs web resmi, Hotspot Shield mendeteksi dan memblokir lebih dari 3,5 juta situs jahat, phishing, dan spam yang dapat mengancam perangkat Anda.

Turbo VPN

VPN Gratis Turbo VPN
Sumber: giztech.id

Turbo VPN bisa menjadi pilihan terbaik bagi pengguna Android. Aplikasi ini gratis dengan iklan dalam aplikasi, yang tidak mengganggu kenyamanan pengguna. Dibandingkan dengan aplikasi VPN gratis lainnya, Turbo VPN terbilang memiliki kecepatan yang lebih baik, tetapi kecepatan juga dapat menurun sesekali ketika terlalu banyak orang menggunakan layanan pada saat yang sama.

Baca Juga: Rekomendasi HP Terbaik di Bawah Rp 2 Juta

Interface aplikasi ini terbilang sederhana dan sangat mudah digunakan. Setelah kamu menjalankan Turbo VPN, dan setelah koneksi tersambung, kamu sudah dapat menikmati konten yang dibatasi secara regional atau pencarian web pribadi.

Itulah beberapa hal mengenai VPN dan seluk beluknya. Gunakanlah dengan bijaksana.

Wahyu Aji
Kontributor artikel berbagai situs dan blog. Temukan saya pada Kompasiana, IDNTimes, Hipwee dan GeoTimes.