Begini Kronologi Kematian Pembalap Asia Talent Cup Afridza Munandar

Begini Kronologi Kematian Pembalap Asia Talent Cup Afridza Munandar

Kematian pembalap muda berbakat, Afridza Syach Munandar yang terjun dalam ajang Asian Talent Cup (ATC) di sirkuit Sepang Malaysia (2/11) setelah mengalami kecelakaan fatal yang terjadi pada awal lap ditikungan ke sepuluh dan akibat kejadian ini red flag langsung dikibarkan, balapan yang tengah berlangsung pun harus dihentikan.

Dari kronologi yang dilihat saat tayangan saat race berlangsung, pembalap berusia 20 tahun tersebut terlihat bersenggolan dengan pembalap bernomor 11 Takuma Matsuyama, setelah itu kamera tidak lagi menyoroti insiden yang terjadi.

Selang beberapa saat kemudian red flag pun dikibarkan namun motor milik Afridza Munandar dan milik pembalap asal Jepang Shinji Ogo tidak terlihat masuk kedalam pit. Hal ini kemudian menimbulkan spekulasi bahwa terdapat kemungkinan Shinji Ogo terlibat kecelakaan dengan Afridza Munandar.

Kronologi Kecelakaan yang Merenggut Nyawa Afridza Munandar

Kronologi Kematian Afridza Munandar
Sumber: otorider.com

Shinji Ogo memulai balapan pada urutan paling terakhir, diyakini terlibat kecelakaan dengan Afridza Munandar setelah sebelumya Afridza Munandar menyenggol motor Takuma Matsuyama. Tetapi hal tersebut belum dapat dipastikan karena tidak adanya tayangan yang menyorot dengan jelas saat insiden kecelakaan itu terjadi.

Baca Juga: Jorge Lorenzo Putuskan Pensiun Akhir Musim 2019

Sesaat setelah kecelakaan, Afridza Mundandar langsung mendapatkan pertolongan pertama dari tim medis di pinggir lintasan. Namun sungguh sangat disayangkan proses evakuasi Afriza Munandar dari tim medis tidak tersorot kamera, yang terlihat hanyalah proses evakuasi Shinji Ogo yang ditandu oleh tim medis.

Afridza Munandar dibawa dengan menggunakan helikopter menuju Rumah Sakit Kuala Lumpur untuk mendapatkan pertolongan. Tim medis beserta pihak rumah sakit sudah berusaha keras untuk menolong, namun sayang nyawa Afridza Munandar tidak dapat diselamatkan. Belum ada penjelasan pasti tentang apa yang menyebabkan pembalap muda Indonesia harus kehilangan nyawanya dalam insiden kecelakaan tersebut.

Ucapan Belasungkawa Marc Marquez

Kronologi Kematian Afridza Munandar2
Sumber: motomaxone.com

Afridza Munandar termasuk dalam pembalap yang memiliki prestasi dalam ajang Asian Talent Cup 2019. Tercatat, Afridza Munandar sudah dua kali berada di podium pertama, dua kali podium kedua dan dua kali berada di podium kertiga.

Saat ini Ia berada di posisi ketiga klasemen sementara Asian Talent Cup dan berpeluang besar menjadi juara Asia, karena Afridza hanya terpaut 27 point dari Takuma Matsuyama yang memimpin klasemen sementara dan terpaut 15 angka dari peringkat dua sementara Sho Nishimura.

Beberapa pembalap MotoGP mengungkapkan rasa bela sungkawa atas kepergian Pembalap kelahiran Tasikmalaya tersebut. Diantaranya Juara dunia MotoGP 2019 Marc Marquez, Fabio Quartararo, dua lagenda MotoGP yakni Valentino Rossi dan Dani Pedrosa, serta senior Afridza Munandar dari Indonesia yang sedang berlaga di ajang Moto2 Dimas Eki Pratama.

Marquez pada akun instagramnya menuliskan “Hari yang menyedihkan bagi dunia balap motor. Afridza Munandar sudah meninggal dunia saat balapan di ATC. Ucapan bela sungkawa dari saya bersama keluarga dan semua temannya.”

Beberapa kali Marquez terlihat pernah bertemu dan berbincang dengan Afridza. Dan Afridza Munandar memang sangat mengidolakan Marc Marquez dan memiliki mimpi ingin seperti Marc Marquez yang memiliki prestasi yang luar biasa dalam ajang MotoGP.

Rekan senegara Afridza Munandar dalam ajang Asian talent Cup Adenanta Putra mempu mengobati rasa duka yang mendalam atas kehilangan sosok Afridza Munandar dengan meraih podium ketiga.

Kemenangan Adenanta Putra begitu emosional, Ia menangis saat disambut oleh timnya mengingat sosok Afridza. Terlihat Dimas Eki Pratama pembalap Moto2 dari Indonesia yang ikut menundukkan kepala.

Baca Juga: Alex Marquez Pastikan Perkuat Repsol Honda Musim Depan

Keesokan harinya (3/11) sebelum dimulainya perhelatan MotoGP di Sirkut Sepang Malaysia, diadakan mengheningkan cipta slama satu menit atas meninggalnya Afridza Munandar.

Acara mengheningkan cipta ini dihadiri oleh semua rider MotoGP dan juga Asian Talent Cup dan dimaksudkan untuk memberikan penghormatan terakhir terhadao dedikasi tinggi Afridza Munandar dalam dunia balap motor khususnya Asian Talent Cup 2019.

Kematian pembalap Afridza ini adalah sebuah kehilangan yang sangat bersar terutama bagi dunia balap di Indonesia. Dirinya diketahui adalah seorang pemuda dengan prestasi yang sangat menjulang di ajang balap motor saat ini. Bahkan bisa dikatakan Afridza Munandar adalah salah satu rider terbaik Indonesia pada masa sekarang ini.

Rencananya jenazah Afridza Munandar akan diterbangkan dari Malaysia hari ini menuju tanah air. Dan akan dibawa ke kampung halamanya di Tasikmalaya.  Selamat jalan Afridza Munandar Indonesia akan selalu bangga mempunyai pemuda sepertimu.

Firda Salim
Firda Salim
Firda Salim adalah lulusan Ilmu Jurnalistik, dengan pengalaman menjadi jurnalis di media lokal dan saat ini aktif menulis di berbagai website di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *