Syarat dan Cara Mengajukan KPR Rumah Subsidi

0
8
Ingin Mencicil Rumah? Berikut Ini Syarat dan Cara Pengajuannya
Sumber: intiland.com
Advertisement

Setiap manusia membutuhkan rumah untuk bisa bertahan hidup. Rumah akan melindungi manusia dari cuaca panas, hujan dan beberapa hal berbahaya lainnya. Lebih baik apabila Anda mencicil untuk membeli rumah. Kalau dana Anda terbatas, ada kok alternatif rumah subsidi yang tidak memberatkan dan berikut ini adalah syarat untuk mendapatkan KPR rumah subsidi yang bisa dijadikan rekomendasi.

KPR sangat membantu mereka yang ingin memiliki rumah layak huni dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang memiliki penghasilan 7 juta rupiah kebawah, Anda tidak perlu ragu lagi apakah bisa memiliki rumah subsidi atau tidak. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajukan KPR untuk rumah subsidi, yakni:

Belum Punya Rumah dan Belum Menerima Subsidi dari Pemerintah 

Belum punya rumah dan belum menerima subsidi dari pemerintah 
Sumber: altovinel.com

KPR ini hanya bisa diajukan oleh seseorang yang tidak memiliki rumah sebelumnya. Program ini memiliki tujuan untuk membantu masyarakat menengah ke bawah, sehingga orang yang sudah pernah menerima bantuan atau sudah punya rumah tidak bisa mengajukan KPR. 

Advertisement

Baca Juga: Hal Penting dalam Mengajukan Pinjaman untuk Modal Usaha

Memiliki Usia yang Cukup 

Memiliki usia yang cukup
Sumber: kompas.com

Orang yang mengajukan KPR haruslah seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Indonesia. Orang tersebut juga harus berusia 21 tahun minimal atau sudah menikah. 

Penghasilan Dibawah Syarat 

Penghasilan dibawah syarat
Sumber: tribunnews.com

Penghasilan yang Anda miliki perbulannya harus dibawah rata-rata, yakni 8 juta. Apabila Anda memiliki penghasilan diatas 8 juta, maka Anda tidak bisa mengajukan KPR. 

Sudah Bekerja 

Sudah bekerja 
Sumber: thepienews.com

Seorang pemohon KPR minimal harus sudah bekerja selama 1 tahun. Hal ini dibuktikan melalui slip gaji atau surat ijin mendirikan usaha. 

Baca Juga: Kenali Apa Itu Perbankan dan Jenis-jenisnya

Punya NPWP

Punya NPWP
Sumber: birojasadokumen.com

Pemohon harus memiliki NPWP pribadi dan sudah membayar pajak penghasilannya. 

Selain 5 Syarat Diatas, Anda Juga Harus Menyiapkan Beberapa Dokumen Penting Seperti:

  1. Fotokopi KTP
  2. KK
  3. Surat Nikah, apabila sudah bercerai, maka Anda juga bisa menyertakan fotokopi surat cerai.
  4. Slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan
  5. Bagi Anda yang mendirikan usaha, maka Anda harus melengkapinya dengan SIUP dan TDP.
  6. Laporan keuangan selama 3 bulan terakhir.
  7. Apabila Anda mendirikan praktek, Anda juga harus menyertakan ijin praktek professional dan surat keterangan domisili.
  8. Fotokopi NPWP.

Lengkapi dokumen ini sebelum mengajukan KPR Subsidi, agar permohonan Anda semakin disetujui dan lancar. 

Cara Mengajukan KPR Rumah Subsidi

Bagaimana cara mengajukan KPR subsidi? Apabila Anda sudah memenuhi dan memiliki semua persyaratan diatas, maka Anda bisa datang langsung ke 25 bank yang menjadi penyalur resmi KPR subsidi, seperti Bank BRI, BNI. BTN, BTN Syariah, Jatim dan yang lainnya.

Anda bisa menanyakan kepada pihak bank tentang perumahan yang bekerja sama. Apabila memungkinkan, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu melalui internet sebelum pergi ke bank. Kalau syarat yang Anda ajukan berhasil diterima oleh perumahan dan bank, maka Anda bisa berlanjut ke proses transaksi yang berikutnya. 

Anda dipersilahkan untuk memilih tipe rumah sesuai dengan kemampuan Anda mencicil tiap bulannya. Masa cicilan yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung pada kemauan dan pendapatan Anda setiap bulannya.

Baca Juga: Apa Itu Wirausaha dan Jenis-jenisnya

Itu dia beberapa informasi yang bisa kami berikan tentang syarat dan cara pengajuan untuk KPR Subsidi. Pemerintah memiliki program ini agar rakyat menengah kebawah bisa mendapatkan rumah yang layak huni. Hal ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh rakyat agar bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya.

Advertisement
Yoko Widito adalah seorang penulis content senior & SEO enthusiast yang aktif menulis di berbagai website online nasional.