8 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Juga Kesehatan

0
14
8 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Juga Kesehatan
Advertisement

Buah naga merupakan buah tropis yang kini semakin digemari. Buah ini dapat dimakan langsung atau dijadikan olahan lain, seperti jus, salad hingga desert. Tak heran, banyak orang yang memburu berbagai manfaat dari buah naga ini.  Buah naga tidak hanya bagus untuk kecantikan namun juga kesehatan.

Membantu mengatasi jerawat

manfaat buah naga untuk menghilangkan jerawat
Sumber: malangvoice.com

Buah naga kaya akan antioksidan dan vitamin C.Kandungan antioksidan pada buah ini mampu membantu mengatasi jerawat pada wajah. Caranya mudah, cukup jadikan buah naga sebagai masker wajah. Oleskan di area wajah yang ditumbuhi jerawat, diamkan sekitar 20 menit, kemudian bersihkan. Lakukan perawatan ini secara rutin setidaknya dua kali seminggu agar kulit wajah bebas dari jerawat.

Baca Juga: Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Advertisement

Meningkatkan kekebalan tubuh

manfaat buah naga untuk kekebalan tubuh
Sumber: popmama.com

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga dapat memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Selain itu mampu merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Adanya vitamin C, mineral, dan fitoalbumin juga mampu memerangi radikal bebas. Vitamin B1, B2, B3, serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Mencegah penuaan dini

manfaat buah naga untuk mencegah penuaan dini
Sumber: indozone.id

Kayanya buah naga dengan kandungan antioksidan mampu menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Zat tersebut dapat melawan radikal bebas pada tubuh yang mengakibatkan masalah seperti kanker. Buah yang satu ini merupakan sumber antioksidan yang baik dan juga kandungan vitamin C yang tinggi. Kemudian, salah satu nutrisi yang paling penting dalam buah ini adalah fosfornya. Sel-sel tubuh membutuhkan fosfor dan fosfolipid yang merupakan komponen utama dari membran sel. Hal ini dapat membantu mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Cara Alami dan Aman Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Membantu program penurunan berat badan

Sumber: nulis.co.id

Bagi beberapa orang berat badan ideal merupakan salah satu faktor kecantikan. Oleh karena itu program diet menjadi salah satu solusinya. Buah naga ternyata mampu untuk mengontrol nafsu makan Anda. Hal ini dikarenakan buah naga kaya akan serat dan sangat rendah kalori. Sehingga perut Anda akan merasa lebih kenyang dalam waktu lama dan mengurangi makan berlebih.

Melindungi kulit

Melindungi kulit
Sumber: pikiran-rakyat.com

Ternyata buah naga juga dapat berperan sebagai pelindung kulit. Buah naga dapat diolah menjadi body lotion alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terik dan membahayakan. Caranya pun mudah, ambil sari buah naga kemudian dioleskan ke kulit sebelum keluar rumah atau beraktivitas di bawah sinar matahari terik. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengecilkan Perut dan Paha

Meredakan kulit terbakar

Meredakan kulit terbakar
Sumber: tribunnews.com

Selain sudah disebutkan sebelumnya bahwa buah naga berfungsi sebagai body lotion, ternyata buah ini juga bisa mengobati luka bakar akibat sinar matahari pada kulit. Kombinasi vitamin C dan E yang terkandung pada buah naga mampu meredakan inflamasi. Caranya dengan mencampurkan 1/4 potong buah naga dengan 1 kapsul vitamin E kemudian diolah menjadi krim kental. Oleskan krim buah naga yang sudah jadi tersebut di atas kulit yang terbakar dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

Mencegah kanker

Mencegah kanker
Sumber: Brilio.com

Begitu kayanya kandungan nutrisi pada buah naga juga dapat membantu pencegahan kanker. Selain vitamin C dan E, buah naga juga mengandung karoten, yang memiliki peran dengan beberapa kualitas antikarsinogen, termasuk mengurangi jumlah tumor. Selain itu, kandungan likopen yang menyebabkan warna merah pada pitaya telah terbukti terkait dengan menurunkan risiko kanker prostat.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Lari Sangat Banyak, Salah Satunya dapat Menyehatkan Mental

Menghaluskan dan melembabkan kulit

Menghaluskan dan melembabkan kulit
Sumber: nusabali.com

Buah naga memang terbukti memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit. Vitamin seperti vitamin C, E dan vitamin B3 bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Bahkan buah naga juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, yang diakibatkan adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat pada buah naga dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kasar.

Demikian manfaat buah naga yang penting bagi kesehatan dan juga kecantikan. Sehat dan cantik itu mudah dan murah, jadi tunggu apa lagi.

Advertisement
Kontributor artikel berbagai situs dan blog. Temukan saya pada kompasiana, idntimes, hipwee dan geotimes.