Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat

0
3
Olahraga yang Efektif Turunkan Berat Badan
Sumber: kompas.com
Advertisement

Sebagian orang merasa memiliki berat badan yang berlebih. Belum lagi, terkadang karena berat badan yang berlebih tersebut malah mengganggu aktivitas. Karenanya banyak orang mencari cara untuk bisa menurunkan berat badan menuju berat ideal. Cara yang paling sering digunakan adalah melakukan pola makan sehat dan olahraga.

Dengan mengurangi beberapa makanan berkalori tinggi dan menggantinya dengan makanan lain yang lebih rendah kalorinya. Tapi apakah Anda tahu kalau dikombinasikan dengan olahraga hasilnya akan semakin maksimal? Jika Anda mampu rutin dan melakukan olahraga yang sesuai, maka kemungkinan berat badan ideal akan didapatkan.

Berikut adalah cara melakukan pola makan sehat dan olahraga yang benar untuk menurunkan berat badan.

Advertisement

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Juga Kesehatan

Lari

cara menurunkan berat badan dengan lari
Sumber: kompas.com

Lari bisa menjadi salah satu olahraga yang efektif menurunkan berat badan karena mampu membakar lemak di tubuh. Tak usah terburu-buru, mulailah berlari sesuai kemampuan stamina. Lalu, secara bertahap tingkatkan intensitasnya agar hasilnya lebih optimal. Lakukan olahraga ini sekitar 30 menit sebanyak tiga kali seminggu. Maka Anda dapat melihat hasilnya langsung.

Aerobik

cara menurunkan berat badan dengan aerobik
Sumber: merdeka.com

Aerobik ternyata juga ampuh untuk menurunkan berat badan Anda dengan cepat. Olahraga yang satu ini jika dilakukan dengan intensitas tinggi dan rutin, maka berat badan ideal pasti bisa Anda dapatkan. Hal ini dikarenakan semua anggota tubuh ikut bergerak dan lemak pun akhirnya ikut terbakar. Olahraga ini juga terbilang mudah untuk dilakukan. Anda bisa membeli kaset musik senam yang banyak dijual atau melihat tutorialnya di internet.

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengecilkan Perut dan Paha

Yoga

cara menurunkan berat badan dengan yoga
Sumber: wellandgood.com

Yoga merupakan olahraga yang menggabungkan unsur ketenangan, meditasi, serta pembakaran lemak dan kalori. Kombinasi pada yoga tersebut tentu akan berperan dalam penurunan berat badan Anda menjadi ideal. Lakukan olahraga ini dengan bimbingan instruktur selama tiga kali seminggu. Tidak hanya berat badan jadi turun, tubuhmu akan terasa ringan dan tidur lebih nyenyak dan aktivitas harian lebih fit.

Renang

cara menurunkan berat badan dengan renang
Sumber: urusandunia.com

Olahraga air ini tak hanya mampu untuk menaikkan tinggi badan tapi juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Lakukanlah dengan intensitas tinggi, selama 30-60 menit bolak-balik, maka kamu akan mendapatkan hasil yang optimal dari renang. Bahkan dengan menekuni renang, postur juga ikut terlihat ideal. Jadi, tunggu apa lagi.

Baca Juga: Manfaat Olahraga Lari Sangat Banyak, Salah Satunya dapat Menyehatkan Mental

Lompat Tali

Lompat tali
Sumber: healthdetik.com

Lompat tali atau yang biasa dikenal dengan nama skipping ternyata dapat juga membantu Anda dalam program penurunan berat badan. Jangan kira gerakannya yang hanya lompat-lompat saja tidaklah berguna, justru dapat membakar lemak dengan cepat. Jika dilakukan dengan rutin dan dengan intensitas bertahap hingga tinggi,  lompat tali bisa membuat lemak terbakar dan berat badan pun ikut turun. Jika dilakukan selama satu jam per hari, kamu bisa membakar hingga 900 kalori.

Bersepeda

Bersepeda
Sumber: jawapos.com

Bersepeda salah satu olahraga yang mudah dilakukan. Olahraga yang satu ini jika dilakukan dengan intensitas rutin tidak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, namun juga bisa membentuk otot perut. Bersepedalah selama 45-60 menit sehari. Jika kamu tidak memiliki sepeda, kamu juga bisa lho menggunakan sepeda statis yang ada di gym yang hasilnya sama bagusnya. Lakukanlah saat pagi hari atau sore agar tidak terlalu kepanasan.

Baca Juga: 12 Cara Menghilangkan Bau Kaki Dengan Bahan alami

Kick boxing

Kick boxing
Sumber: mediaindonesia.com

Kick boxing tak hanya sekedar bela diri. Kick boxing merupakan pengembangan dari olahraga tinju dan muay thai. Olahraga ini pun berfokus pada gerakan pukul dan tendang yang dijamin akan membuat semua otot tubuh bergerak serta jadi lebih berbentuk dan berotot. Bahkan jika dilakukan rutin melakukan kick boxing, maka tubuhmu pun akan lebih fleksibel dan stamina pun ikut meningkat. Plus juga berat badan yang semakin ideal.

Olahraga dengan Pola Makan Sehat

pola hidup sehat
Sumber: Alodokter.com

Olahraga saja tak cukup untuk mendapatkan berat badan ideal jika asupan juga tak sempurna. Sejatinya dengan olahraga, lemak akan berkurang, tetapi tubuh tetap perlu yang namanya asupan. Anda yang ingin mengkombinasikannya dengan diet makan harus tahu betul apa saja makanan yang cocok. Pola makan sehat paling tidak memenuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin, dan protein.

Baca Juga: 6 Cara Jitu Untuk Merebut Suami Orang

Karbohidrat

Karbohidrat
Sumber: doktersehat.com

Anggapan sebagian orang bahwa karbohidrat perlu untuk dikurangi saat diet tak sepenuhnya benar. Justru tanpa adanya karbohidrat, aktivitas tubuh terasa sangat berat karena tenaga menjadi berkurang. Agar program penurunan berat badan Anda dapat berjalan sesuai keinginan cukup hindari bersumber dari gula atau makanan dan minuman yang mengandung gula dalam kadar yang tinggi.

Kemudian ganti sumber karbohidrat untuk tubuh dari sayuran, buah-buahan, makanan berserat, dan kacang-kacangan. Sumber karbohidrat dari makanan tersebut dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan nutrisi dan serat, serta mencegah Anda dari masalah kekurangan gizi

Protein

Protein
Sumber: osteoporosiscanada.com

Protein terdapat pada makanan seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan akan membuat Anda merasa kenyang. Perasaan kenyang dalam waktu lama tersebut mampu mengontrol nafsu makan serta mengatur waktu makan selanjutnya. Protein juga memerlukan waktu yang lama bagi tubuh untuk diproses sehingga berat badan Anda lebih mudah turun.

Baca Juga: Cara Alami dan Aman Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Vitamin

Vitamin
Sumber: cnnindonesia.com

Vitamin C yang terdapat di buah juga dapat menjadi makanan untuk Anda yang dalam program penurunan berat badan. Nilai nutrisi pada buah-buahan tentu mampu memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C bekerja dalam metabolisme lemak dan kekurangan vitamin ini bisa membuat Anda sulit menurunkan berat badan.

Selain itu, vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E dan K serta asam lemak seperti omega-3 akan bekerja sama dalam penurunan berat badan. Makanan sumber lemak bisa Anda dapatkan dari minyak zaitun, kacang, salmon, mackerel, dan alpukat.

Itulah cara paling efektif yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Pola makan sehat dan olahraga memang sudah dikenal sejak dulu sebagai sarana yang paling tepat untuk menurunkan berat badan.

Advertisement
Kontributor artikel berbagai situs dan blog. Temukan saya pada kompasiana, idntimes, hipwee dan geotimes.