Antivirus Terbaik 2020 untuk Melindungi Android dan PC

0
10
Antivirus Terbaik untuk Melindungi Android dan PC
Sumber: idntimes.com
Advertisement

Di era teknologi yang tinggi seperti sekarang ini keamanan gadget merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan oleh penggunannya. Ada antivirus terbaik yang bisa memberikan perlindungan maksimal di tahun 2020 ini dari objek berbahaya seperti virus. Virus seringkali datang dari internet dan sangat penting untuk dilakukan demi keamanan dan ketahanan suatu gadget tidak terkecuali bagi pengguna android.

Bahkan kadang virus tidak dapat dikenali karena berkamuflase dalam bentuk lain yang kita anggap sebagai ekstensi yang tidak berbahaya. Oleh karena itu diperlukan sebuah pengawasan dan monitoring dari perangkat Antivirus yang terpasang. Berikut ini adalah daftar antivirus terbaik di tahun 2020 ini yang bisa kamu gunakan di perangkat Android ataupun PC.

Antivirus Android Terbaik 2020

Virus dapat menjadi masalah di perangkat Android kamu. Walaupun sampai saat ini beberapa pihak masih mengklaim kalau Android lebih kuat terhadap virus, tidak ada salahnya berjaga jaga karena virus dapat terus berkembang. Dengan adanya aplikasi antivirus, Android kamu mampi terlindungi dari berbagai ancaman yang berpotensi merusak.

Advertisement

Berikut adalah daftar 10 antivirus terampuh yang mampu melindungi Android kamu dengan sangat baik.

McAfee Mobile Security

McAfee Mobile Security
Sumber: googleplay.com

McAfee sudah menjadi langganan setiap orang dalam melindungi perangkat elektroniknya, mulai dari PC hingga android. McAfee Mobile Security memiliki berbagai fitur yang sudah default tersedia dalam bentuk gratis. Seperti keaman wifi, pengunci aplikasi, Thief Cam, optimalisasi baterei, penghapusan memori tidak terpakai dan masih banyak lainnya.

Beberapa fitur akan bertambah saat upgrade ke versi berbayar, tetapi tidak terlalu jauh berbeda dengan gratis dalam ukurang kemampuan.

Baca Juga: 8 Aplikasi Download Game Selain Playstore

Avast Mobile Security

Avast Mobile Security
Sumber: apkmos.com

Salah satu aplikasi antivirus yang juga sudah terkenal. Avast tentunya memberikan keamanan yang terbaik bagi para penggunannya. Aplikasi antivirus ini mampu memindai objek yang masuk ke dalam memori hp yang dianggap berbahaya seperti trojan dan yang lainnya. Seperti kebanyakan aplikasi antivirus lainnya, ada perbedaan fitur dari versi gratis dan premium.

Tetapi tidak akan mengurangi kemampuan dari aplikasi ini meskipun masih memakai yang gratis. Fitur seperti pengunci aplikasi, penghapusan cache dan cookie, hingga mode aman dalam jelajah web.

Avira Antivirus Security

Avira Antivirus Security
Sumber: asalbongkar.com

Aplikasi berlogo payung ini sangat mampu melindungi androidmu dari hujan virus yang tersebar di internet. Selain itu, perlindungan tidak hanya dilakukan dari ancaman luar, tetapi juga dari ancaman pengguna lainnya. Fitur standar seperti pengunci aplikasi, galeri hingga kamera pengutil juga ada. Ukuran aplikasi ini cukup kecil jadi tidak terlalu memberatkan kapasitas memori. 

Baca Juga: 8 Aplikasi Download Game Selain Playstore

Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender Antivirus Free
Sumber: softhis.com

Bitdefender merupakan aplikasi antivirus yang lumayan baru terdengar di telinga orang Indonesia. Kemampuan aplikasi ini tidak jauh beda dengan aplikasi antivirus pendahulu lainnya. Fitur seperti pengamanan privasi galeri, akun dan aplikasi. Pengamanan juga dilakukan ketika kamu sedang menjelajah internet. Selain itu pemindaian sistem android juga dapat dilakukan dengan mudah.

Bahkan dengan pencapaianya sekarang, aplikasi ini mendapatkan predikat antivirus terbaik versi AV-TEST selama dua tahun berturut-turut. 

CM Security Master

CM Security Master
Sumber: downpcsoftware.com

Paling tidak aplikasi yang satu ini sudah dikenal hampir seluruh pengguna android. Kemampuannya sudah terbilang meyakinkan untuk sebuah aplikasi pengamanan. Mulai dari perlindungan dari virus dan juga pemindaian aplikasi bermasalah. Selain itu fitur penghapusan memori yang sudah tidak terpakai juga menjadi sebuah keunggulan.

Aplikasi antivirus ini sederhana dan sangat mudah digunakan. Ukurannya juga terbilang kecil sehingga tidak mengambil kapasitas memori terlalu banyak dari androidmu.

Baca Juga: Mudah, Berikut Aplikasi Download Youtube Terbaik

Kaspersky Mobile Antivirus

Kaspersky Mobile Antivirus
Sumber: broadtech.com

Kaspersky memberikan jaminan terbaik untuk para pengguna android dengan kemampuan perlindugannya. Jaminan mutu yang diberikan sudah pasti didapatkan. Fitur penting yang terdapat pada Kaspersky adalah filter panggilan untuk memblokir panggilan tidak diinginkan dan fitur ‘temukan ponsel saya’ untuk mencari ponsel pengguna yang hilang.

Ada dua versi Kaspersky yang bisa didapatkan yaitu versi premium (berbayar) dan gratis. Beberapa fitur standar untuk versi gratis adalah pemindaian android dari malware dan virus serta anti pengutil yang sedang usil memakai hp kamu. Sedangkan versi premium meliputi penguncian aplikasi, keamanan jelajah internet dan anti-phising.

AVG Android Antivirus Security

AVG Android Antivirus Security
Sumber: strategi.id

Antivirus yang satu ini adalah yang mampu memberikan keamanan bagi androidmu dengan sangat baik. Beberapa fitur tersedia untuk meningkatkan keamanan ponsel androidmu. Mulai dari pengunci aplikasi, anti-thief hingga perlindungan virus secara real-time. Pengamanan dari virus yang berasal dari hasil download seperti game, aplikasi hingga multimedia juga tersedia.

Selain itu fitur pengamanan foto privasi juga membuatmu semakin percaya akan kemampuan dari antivirus yang satu ini.

Baca Juga: Inilah 5 Aplikasi Telepon Gratis Terbaik yang Harus Dicoba

360 Security

360 Security
Sumber: dailysocial.com

360 Security merupakan aplikasi antivirus android terbaik dengan fitur yang lumayan lengkap. Keamanan wilayah privasi pengguna dijamin dengan fitur pengunci aplikasi juga galeri hingga kamera penangkap pengutil yang akan memberitahumu pelakunya. Selain itu, terdapat juga pengoptimalisasian android dan juga pembersihan file dan memori yang tidak terpakai.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Speed Booster yang mampu meningkatkan kinerja android ketika ingin bermain game. Paling tidak, fitur yang didapatkan ketika kamu memasang aplikasi ini sudah sangat lengkap meskipun terkadang ada beberapa iklan yang mengganggu ketika menjalankannya.

Norton Mobile Security Antivirus

Norton Mobile Security Antivirus
Sumber: youtube.com

Antivirus yang satu ini juga memiliki fitur keamanan yang lumayan lengkap dan terjamin. Ada dua versi yang disediakan yaitu gratis dan premium. Untuk versi premium kamu sudah mendapatkan fitur semacam pemindaian aplikasi unduhan, safe search, keamanan jaringan wifi dan pengamanan pencurian.

Pada versi yang premium ada tambahan fitur yang lumayan mengesankan seperti advisor yang akan menganalisis aplikasi yang dinilai berpotensi membahayakan perangkat. Selain itu ada juga fitur keamanan jelajah internet yang akan melindungimu dari virus hingga phising.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pemutar Video Otomatis di Android dan Windows

Eset Security & Antivirus

Eset Security & Antivirus
Sumber: apkpure.com

Eset merupakan aplikasi pengamanan dan antivirus yang bagus dan memiliki fitur tak kalah lengkap. Dengan rating rate tinggi hingga 4,8 tak salah jika aplikasi ini dijadikan pilihan utama bagi para pengguna untuk melindungi androidnya. Fitur perlindungan antivirus realtime adalah salah satu yang terbaik. Kamu juga bisa menikmati fitur premium selama 30 hari seperti anti-phising dan anti-thief. 

Antivirus Android Terbaik 2020

Berbagai masalah sistem dan kinerja PC dapat dikarenakan oleh beberapa faktor. Salah satu yang paling banyak menimbulkan masalah adalah yang berasal dari virus. Untungnya di dunia yang kejam ini masih ada developer baik hati yang mengembangkan aplikasi antivirus. Adanya aplikasi antivirus ini mampu melindungi PC pengguna dari berbagai ancaman yang berpotensi merusak.

Berikut adalah daftar 10 antivirus terampuh yang mampu melindungi PC kamu dengan sangat baik.

Avast Antivirus

antivirus terbaik 2020 Avast Antivirus
Sumber: cyberinfo.com

Avast merupakan aplikasi antivirus terpopuler dan terpercaya di dunia. Kemampuannya dalam membuat PC kembali sehat adalah salah satu keunggulan. Berbagai fitur keamanan mampu membuat PC kamu terlindungi dari serangan virus, malware hingga hack. Scanning real-time juga sangat membantu ketika kamu sedang asyik berselancar di dunia maya.

Fitur seperti CyberCapture pada aplikasi ini mampu membersihkan ancaman berbahaya. Juga ada pengaman jaringan wifi yang berguna untuk kamu para pencari suaka wifi.

Baca Juga: Waspada, Ini Cara Hacker Hack Whatsapp Kamu

Kaspersky

antivirus terbaik 2020 Kaspersky
Sumber: kapersky.com

Kaspersky adalah antivirus terbaik di tahun 2020 ini yang mampu memberikan keamanan dan kenyaman penggunanya. Pada beberapa fitur mampu mengidentifikasi ancaman yang berasal dari web dan email. Antivirus ini terbilang cukup populer digunakan para pengguna PC untuk perlindungan dari ancaman virus.

Meski pada beberapa fitur perlu ada transaksi pembayaran terlebih dulu sebelum didapatkan. Namun, versi yang gratis pun sudah cukup untuk melindungi PC dari ancaman yang terbilang umum dengan sangat baik.

Avira Antivirus

antivirus terbaik 2020 Avira Antivirus
Sumber: aplikasipc.com

Avira merupakan salah satu pemain lawas dalam dunia aplikasi antivirus. Tampilan yang ditawarkan sangat sederhana dengan fitur yang tak kalah bersaing. Terbukti, hingga kini Avira masih menjadi favorit bagi para pengguna PC dalam antisipasi virus. Salah satu keunggulan yang ditawarkan Avira adalah pilihan yang akan diterapkan bagi objek yang dianggap berbahaya.

Jadi pengguna dapat memilih sendiri mau diapakan objek tersebut. Perlindungan ancaman dari internet juga mampu diberikan oleh Avira dengan fiturnya yang bernama Browser Tracking Blocker.

Baca Juga: 10 HP Vivo Terbaru 2020 Beserta Spesifikasinya

Adware Antivirus

antivirus terbaik 2020 Adware Antivirus
Sumber: cnet.com

Ketika mendengar kata Ad pikiran kita terbayang akan sebuah aplikasi tipuan yang berisi iklan yang tidak diinginkan. Tetapi lain untuk satu ini. Adware Antivirus adalah salah satu antivirus yang memberikan fitur standar layaknya antivirus terkenal lainnya. Salah satu fitur yang unik adalah second line of defence ketika proses instalasi.

Sehingga aplikasi dapat dijadikan sandingan dengan aplikasi antivirus lainnya yang sudah terpasang. Sayangnya ada beberapa fitur yang harus didapatkan melalui proses transaksi lebih dulu.

AVG Free Antivirus

antivirus terbaik 2020 AVG Free Antivirus
Sumber: techworld.com

AVG merupakan salah satu antivirus terbaik di dunia saat ini dengan fitur yang cukup lengkap. Pengguna juga tidak perlu repot untuk mengisi data registrasi terlebih dulu. Selain itu, keamanan penjelajahan internet juga dilindungi dengan fitur linkscanner yang mampu mengidentifikasi website yang berpotensi sebagai ancaman.

Fitur standar seperti real-time protection juga tersedia yang tentunya semakin membuat nyaman pengguna kala beraktivitas. AVG juga memiliki pilihan untuk mengkarantina terlebih dahulu file yang dianggap berbahaya dan tidak serta merta menghapusnya begitu saja.

Baca Juga: Rekomendasi HP Terbaik di Bawah Rp 2 Juta

Panda Antivirus

antivirus terbaik 2020 Panda Antivirus
Sumber: pcmag.com

Salah satu rekomendasi antivirus yang terbilang ringan dengan fitur tak kalah dengan antivirus lainnya. Memiliki fitur pengamanan USB Protection yang aktif ketika port usb menerima perangkat lain. Selain itu pengaman real-time juga tersedia dan mudah digunakan.

Secara umum, Panda Antivirus mampu memberikan scanning yang terbilang cepat ketika digunakan tanpa mengurangi ketepatan analisisnya. Selain itu fitur update juga mampu memberikan tambahan keamanan secara periodik bagi pengguna.

ESET NOD32 Antivirus

antivirus terbaik 2020 ESET NOD32 Antivirus
Sumber: cnetdownload.com

Aplikasi pengamanan antivirus PC bermaskot manusia silver ini nyatanya masih menjadi favorit. Fitur yang disediakan terbilang selalu mampu menjamin keamanan pengguna. Scanning yang dilakukan juga bisa dikatakan cukup cepat. ESET NOD32 juga ringan untuk digunakan. Meski begitu ada beberapa kekurangan seperti pengamanan phising yang masih kurang memadai.

Baca Juga: Laptop Gaming Murah 5 Jutaan, Cocok Untuk Mahasiswa

Bitdefender Free Antivirus

Bitdefender Free Antivirus
Sumber: tekhnadu.com

Bitdefender tergolong merupakan pemain baru dengan reputasi yang paling bagus diantara kompetitornya. Layanan yang diberikan terbagi menjadi dua versi yaitu berbayar dan gratis. Segala fitur sebuah aplikasi antivirus sudah didapatkan dengan versi gratis. Salah satunya adalah pendeteksi virus yang merupakan terbaik yang dimilikinya.

Fitur menggiurkan lainnya adalah On-demand Virus Scanning yang menjadi pertahanan terhadap segala jenis malware dan ransomware.

ZoneAlarm Free Antivirus

ZoneAlarm Free Antivirus
cnetdownload.com

Antivirus ini memiliki tampilan yang sederhana dengan berbagai fitur unggulan. Salah satu fitur tersebut adalah Gamer Mode yang dapat mengoptimalkan kinerja PC atau laptop ketika sedang bermain game. Keamanan dalam berselancar dunia maya pengguna juga dilindungi dengan adanya fitur Anti Spyware dan Firewall yang terhubung dengan Kaspersky.

Jadi dengan segala keunggulan tersebut, rasanya sudah cukup meyakinkan untuk dijadikan pelindung PC kamu.

Baca Juga: 7 Aplikasi Offline dan Online Untuk Desain Baju

SMADAV

SMADAV
Sumber: wordpress.com

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi antivirus yang satu ini. SMADAV merupakan antivirus terbaik tahun 2020 yang merupakan salah satu karya anak bangsa dengan segala fitur yang memadai sebagai antivirus unggulan. Fitur seperti scanning, real-time scanning, karantina file hingga penyembuhan sistem adalah beberapa yang menjadi keunggulan SMADAV.

Tentu saja salah satu fitur yang paling bermanfaat dan paling disukai adalah pemindaian USB. Sehingga perangkat sepeti flashdisk yang berisi ancaman bagi PC mampu terdeteksi lebih dulu. Kelebihan lainnya adalah database virus lokal yang sangat banyak dan mampu menjadi pelindung yang ampuh dari serangan virus yang berasal dari dalam negeri juga. 

Advertisement
Kontributor artikel berbagai situs dan blog. Temukan saya pada kompasiana, idntimes, hipwee dan geotimes.